Yeni's Blog

just for fun *plaaak :D

Teh Obeng minuman Khas Batam 18 Juli 2010

Filed under: berita,hal-hal unik,Makanan,ocehan gaje XD,pengetahuan,sejarah — beehyeni @ 4:17 PM
Tags:

Siapa yang kagak kenal sama teh obeng ??

Kalau pada nanya ke orang Batam sih,dari anak bayi,sampai kakek-nenek,pada tahu semua…

Yak !! itu adalah es teh manis bagi orang-orang Jawa.

Awalnya gak kepikiran mau posting artikel tentang minuman ini.Wong,kupikir karena dari lahir minuman yang sering masuk ke mulutku ini teh obeng ini,jadi semua orang pasti pada tahu.Begitu lulus SMP beberapa bulan yg lalu,dan akhirnya bisa chat sama temen SMP yg keluar Batam,mereka pada ngeluh semua !! Kata yang pindah ke Banten, “…susahlah,orang-orang disini pada gak ngerti teh obeng.Pada bengong semua pas aku bilang teh obeng!” adlagi kata temenku yang di tanggerang “…Ak beli teh obeng aj yg jual mlongo ! Ak bilang es teh manis , d kasih teh panas,ak bilang es teh , d ksih teh panas gag nyambung ..”.Yak !! dengan alasan itulah aku membuat postingan ini.Semoga bermanfaat……

berikut postingan yg ku ambil dari tempat lain,dan sekalian ku komen deh,karena aku orang Batam yang merasakan nikmatnya minum teh obeng kala teriknya sinar mentari di siang bolong.

Teh obeng adalah kegemaran dan kesukaan bagi sebagian orang-orang di Kepulauan Riau terutama saat makan di kedai makan atau di warung-warung dan kedai kopi. Teh obeng walau dari sebutannya keras dan menakutkan tapi rasanya sangat enak dan nikmat terutama di minum sesudah makan atau saat hari panas .

Bener banget tuh Bos.Di Batam mah,apapun makanannya,minumnya Teh Obeng !!!!!!

Sama tetapi tak serupa……, Teh obeng adalah sejenis minuman teh di tambah Es batu atau orang di luar Batam mengatakan Teh Es. Ciri khas penyajian cukup dituang ke dalam gelas ukuran hampir setengah liter di tambah pipet sebagai penyedot. Tentu rasanya segar dan nikmat.

Semua tempat jajanan di Batam mulai kecil hingga besar, termasuk restoran, seafood dan perhotelan mengenal istilah minuman ini (Teh Obeng) hingga sampai kelingkungan sekolah sekolah di Batam termasuk di Kepulauan riau.

Yak !! Gak lengkap rasanya kalo dalam satu hari belum minum teh obeng,Kalau di sekolah,udah kayak menu wajib !!  Apalagi kalo ke rumah-rumah makan, kudu mesti harus ada teh obeng…

Teh Obeng dinikmati semua lapisan masyarakat Batam hingga pejabat pemerintah, para pebisnis atau pengusaha, jadi tidak heran jika saat ini beberapa pengusaha sedang study untuk membuat pengalengan atau berbentuk botol plastic kemasan terhadap minuman Teh Obeng ini.

jika anda ingin mencoba silakan ke tempat jajanan dan katakan “Teh Obeng !!”, Maka yang akan datang Teh di campur es batu. Selamat menikmati perbedaan minuman ringan Khas Batam…Teh Obeng!!

Minuman pelipur lara,penghilang rasa haus sekaligus penyegar… Brrr~~~

####    ####    ####

YAAAK !!! Berikut sejarahnya ntu kenapa namanya Teh Obeng

Ketika seorang penjaga warung makan ditanya tentang asal muasal nama “obeng” dia juga tak bisa memberikan jawaban yang ilmiah, jawabannya pun berkisar antara
“hmm kenapa ya, ngga’ tau juga… dari saya datang juga namanya sudah pake obeng gitu”

Dan akhirnya setelah mencoba bergeser sedikit dari Batam dan menelusuri beberapa hawker centre…..

Apakah gerangan yang namanya obeng ini?

Ya.. obeng berasal dari bahasa orang-orang Tionghoa di Xi cia po ini, yaitu o dan beng.
o = kosong
beng =es ..jadi, kalo dirunut lebih lanjut, pembagian teh di beberapa daerah ternyata berbeda-beda, seperti di jakarta dan di jawa (tengah), di Jawa jika kita ingin minum es teh manis cukup kita pesan “es teh” dan by default akan disajikan es teh lengkap dengan pemanisnya, entah itu gula atau campuran dengan sakarin..hehe.

Di jakarta, jika kita hanya menyebut “es teh” maka akan disajikan “teh tawar dengan es balok” hambar tanpa pemanis, untuk menjadi manis maka harus diberi tambahan gincu “es teh manis”…huh pemborosan kata-kata saja.

Nah,terus gara-gara Bahasa Tionghoa ntu,,

Jadi begini, tau sendiri kan bahwa Batam itu dekat dengan Singapore dan Malaysia.
Jadi Batam terkena sedikit pengaruh dari 2 negeri tsb :)

Pertama-tamanya, namanya itu bukan Teh Obeng, melainkan Teh Apeng.

Nah Peng ini sendiri berarti es.
Namun karena sudah bercampur dengan lidah  Indonesia, akhirnya dulu warga keturunan banyak yang menyebut dengan Teh Openg.
Nahhh tetap saja, kata-kata Teh Openg itu masih ganjil, bagi warga asli Indonesia.
Akhirnya beriring waktu Huruf P tersebut berganti menjadi B, menjadi Teh Obeng yang legendaris.

:)

Kalo mau teh doang, harus diembel-embeli “tea-o”.
So jika ingin pesan “es teh sahaja” lengkapnya jadi “teh o-beng” kalo di spell oleh aunty-aunty jadinya “teh o-peng”, kalo iced-milk tea jadinya “tea-beng”, mau iced milo jadinya “milo-beng” dan seterusnya.

Demikianlah akhir dari pencarian asal nama obeng yang begitu melegenda di Batam.

Sebenarnya Teh Obeng sendiri memang mempunyai beberapa ciri khas.

Sayang, ciri khas tersebut belakangan telah terlupakan, seiring dengan masuknya orang2 baru yang mencoba berbisnis di Makanan namun tetep menjual nama Teh Obeng.

Aslinya Teh Obeng memakai Teh yang asli berasal dari Batam yaitu bubuk Teh Prendjak.
Wahhh aroma teh yang satu ini memang mantappp sekali,, begitu kentall begitu pekat.

Dan kedua, ciri teh obeng ini biasanya, esnya adalah es yang bolong tengahnya, bukan es kotak (walaupun duluuuu banget petama-tama memang Teh obeng makai es batu yang di pecah karena maklum mungkin jaman dulu banget blum ada alat pembuat es, namun 15 tahun kebelakang semua sudah memakai es yang bolong tengahnya)

Sekarang ini banyaknya orang2 pada makai teh celup Sari Wangi atau Sosro yang gampang dan praktis.

Naaah,itulah sedikit riwayat tentang Teh Obeng.

Jadi bagi para pembaca yang datang ke Batam,jangan bilang es teh manis,karena kata itu,walaupun orang Batam ngerti apa maksudnya,tapi tetep aja kedengarannya ‘agak lain’ (aneh maksudnya). JAdi mending mulai sekarang belajarlah menyebutnya dengan nama Teh Obeng ….

Hidup Teh Obeng !!!!!    ahahahaha😀

 

2 Responses to “Teh Obeng minuman Khas Batam”

  1. erick azof Says:

    Wah…lengkap sekali informasinya🙂
    thx ya..hehe. Aku juga pendatang dari jakarta, dan baru pertama kali ke batam..sempat kaget aja pelayannya pas aku tanya “minumnya es teh manis..”.

    Semenjak tahu sejarah ini, aku menjadi tahu..hehe
    thx ya..ijin unduh boleh ya..dan sumbernya pastinya🙂

  2. beehyeni Says:

    boleh..boleh…
    silahkan~~~~

    iya dong penjualnnya bingung,kan ga ada orang batam yang bilang ‘es teh manis’. biasa juga langsung teh obeng,
    bagus deh,jadi tau infonya,semoga postingan ini bermanfaat.
    terus jangan salah lagi nyebut ‘es teh manisnyaa’. tapi kalau di luar Batam,jangan sebut teh obeng yaa,abis kalau di luar Batam orang2 kagak tau apa itu teh obeng😀


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s