Yeni's Blog

just for fun *plaaak :D

Jam Tangan Anti Malaria 4 April 2010

Filed under: berita,hal-hal unik,Kejadian alam — beehyeni @ 1:18 PM
Tags:

Seorang penemu dari Afrika Selatan telah mengembangkan jam tangan anti-malaria untuk mencegah penyebaran salah satu penyakit terbesar di Afrika itu. Alat tersebut akan memantau darah pemakainya dan akan mengirimkan alarm ketika mendeteksi adanya parasit.

Adalah Gervan Lubbe yang akan memperkenalkan jam tangan pemantau malaria temuannya bulan depan. Dengan bantuan alat ini, pengobatan penyakit dapat dilakukan sejak dini sehingga banyaknya korban dapat ditekan.

“Alat tersebut akan memberitahukan adanya parasit yang harus diberantas secepatnya – bahkan apabila Anda hanya merasa seperti gejala flu saja – sehingga kemungkinan pasien mengalami sekarat relatif nol,” katanya.

Malaria yang disebarkan oleh nyamuk membunuh jutaan orang dan menyengsarakan 300 juta orang setiap tahun. Menurut data WHO, sekitar 90 persen kematian karena malaria terjadi di kawasan Sub-Sahara.

Untuk mengetes ada tidaknya parasit dalam tubuh pemakainya, alat tersebut akan menusukkan jarum berukuran kecil empat kali sehari untuk mengambil sampel darah. Jika ditemukan spora parasit lebih dari 50, jam akan membunyikan alarm dan lampu di bawah gambar nyamuk akan menyala.

Jika positif terserang, penggunanya kemudian harus minum tiga tablet obat yang berkhasiat membunuh seluruh parasit dalam 48 jam. “Jika Anda menunggu sampai melihat gejala, mungkin membutuhkan waktu enam bulan perawatan dan sejumlah besar quinine (zat yang terkandung pada pil kina-red) yang berbahaya bagi kesehatan,” kata Lubbe.

Lubbe tertantang untuk mengembangkan alat tersebut ketika sebuah perusahaan pertambangan besar mengemukakan tingginya penyebaran malaria di antara pekerja di Afrika. Hal tersebut adalah penyebab turunnya produktivitas kerja.

Meskipun belum diluncurkan, perusahaannya Gervans Trading telah menerima pesanan sebanyak 1,5 juta dari pemerintah, perusahaan, dan organisasi kemanusiaan di Afrika. Sebuah jam tangan akan dijual dengan harga sekitar 280 dollar AS. Menurut Lubbe, harga sebesar itu masih lebih murah dibandingkan biaya pengobatan penderita malaria akut.

Sebelum mengembangkan jam tangan, Lubbe (38) adalah penerima medali emas untuk penemuan medis terbaik dunia pada Pameran Penemuan Internasional 1998 di Jenewa karena mengembangkan alat terapi nyeri yang parah.

Sumber = http://erik12127.wordpress.com/2007/09/30/jam-tangan-anti-malaria/

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s